Sabtu, 17 April 2010

Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar


Disiplin adalah sikap patuh terhadap peraturan yang berlaku, sikap disiplin sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sikap tersebut dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif untuk belajar, dengan bersikap disiplin siswa dapat mencapai tujuan belajar. Sikap disiplin merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Apabila seorang siswa memiliki sikap disiplin dalam kegiatan belajarnya, maka kepatuhan dan ketekunan belajarnya akan terus meningkat sehingga membuat prestasi belajar meningkat juga.

Jadi apabila siswa memiliki sikap disiplin yang tinggi dalam kegiatan belajar tentunya prestasi belajar yang diperoleh menjadi baik. Sebaliknya jika siswa tidak memiliki sikap disiplin dalam belajar maka kegiatan belajarnya tidak terencana dengan baik sehingga kegiatan belajarnya tidak teratur dan membuat prestasi belajar akan menurun.

Hasil penelitian Untatik Setiyo (Pendidikan Matematika) tahun 2007 menyatakan bahwa Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar memberikan SR sebesar 52,33% dan SE sebesar 40,5.%. Sedangkan Nanik Murwani tahun 2007 menyatakan bahwa dari (SE) dan (SR) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar memberikan sumbangan relatif 62,92 % dan sumbangan efektif sebesar 31,92 %”.

1 komentar:

Dws Zy Cauzy Kyu mengatakan...

yg cnth untuk hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar mahasiswa kesehatan Akper da ga ea?

Poskan Komentar