E-Commerce
secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara
elektronik melalui media internet. Menurut Mariza Arfinadan Robert Marpaung
e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu
cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang commit to
user memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan.
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaita ndengan transaksi komersial,
seperti: transfer danasecaraelektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di manacakupan e-business lebihluas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitrabisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya system pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
E-commercepertama
kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik
dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga
AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006
yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat
diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
0 komentar:
Posting Komentar