Sabtu, 31 Juli 2010

Materi Pengenalan PowerPoint

Presentasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, dengan tujuan untuk memberikan penjelasan yang tentang suatu topic oleh seorang presenter kepada audiennya. Termasuk di dunia pendidikan presentasi merupakan suatu kemutlakan yang harus dilakukan oleh sorang tenaga pendidik terhadap peserta didiknya di dalam proses pembelajaran, dengan tujuan agar transfer knowledge dapat terajadi secara optimal.
Dalam proses presentasi ini, peranan media pendukung merupakan salah satu aspek yang dapat menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran tersebut, karena dengan adanya media pendukung, proses komunikasi dapat berlangsung dengan lebih baik. Salah satu jenis media pendukung tersebut adalah slide presentasi. Dengan berkembangnya teknologi komputer, maka peranan slide ini dapat digantikan oleh beberapa jenis aplikasi, salah satu yang paling populer adalah Microsoft PowerPoint.

SEKILAS TENTANG MICROSOFT POWERPOINT 2003

Microsoft PowerPoint merupakan salah satu perangkat lunak yang sangat populer dalam menunjang kegiatan presentasi. Sejak diperkenalkan dalam Microsoft Office 1.0
Versi Beta, aplikasi ini langsung menyedot perhatian praktisi dalam merancang slide presentasi, yang saat itu didominasi oleh Lotus. Software serupa antara lain Corel Presentation yang dikeluarkan oleh Corel, Lotus Professional, berisikan aplikasi office dari Lotus dan sebagainya.
Seiring dengan perkembangan Microsoft Office, maka kemampuan Microsoft PowerPoint dalam menampung aspirasi desainer slide juga semakin berkembang, dan edisi terakhir dari aplikasi ini terintegrasi di dalam paket Microsoft Office 2003, dengan beberapa tambahan fasilitas dan fungsi.
Beberapa fasilitas baru yang terdapat pada Powerpoint 2003, antra lain :

1.Peningkatan kemampuan untuk berintegrasi dengan berbagai jenis aplikasi media, sehiangga dengan kemampuan ini, kita dapat menjalankan file-file movie secar full screen pada Powerpoint. Hal ini dapat dilakukan karena Powerpoint mendukung beberapa format file media, diantaranya ASX, WMX, M3U, WVX, WAX, dan WMA
2.Sistem navigasi slideshow yang baru, sehingga dengan bantuan system nevigasi ini, kita dapat melihat slideshow pada saat merancang presentasi.
3.Dukungan smart tag, sehingga dalam proses pembuatan animasi slide, lebih banyak template dan dukungan financial symbol yang lebih optimal.
4.Untuk transfer image, powerpoint 2003 dapat menjaga resolusi bitmap dengan lebih baik.
5.Fasiltas Document Workspace, dengan sarana ini, maka proses editing dengan melibatkan co-authoring akan lebih mudah dilakukan.


0 komentar:

Poskan Komentar