Selasa, 19 Januari 2010

AUDIO DISTRIBUTOR

AUDIO DISTRIBUTOR

A.KOPETENSI
Dari hasil praktik ini diharapkan mahasiswa dapat:
1.Mengetahui cara kerja dan pemasangan audio disributor
2.Mengamati karaktristik audio distributor.
3.Menganalisis dan menyimpulkan data praktikum.

B.PERALATAN YANG DIGUNAKAN
1.CRO
2.AFG
3.Audio Ditributor
4.Kabel
Dalam Sound system atau rangkaian Audio sering menggunakan suatu rangkaian audio amplifier yang berjumlah lebih dari 1 buah. Sementara output pada mixer hanya mempunyai 2 channel keluaran. Maka perlu digunakan suatu rangkaian pendistribusi dari output ke masing – masing rangkaian penguat. Dengan adanya rangkaian distribusi sinyal audio akan didapatkan sinyal masukan dari masing – masing amplifier yang mempunyai penguatan yang sama, sehingga output dari amplifier nantinya akan menghasilkan sinyal yang berkualitas ( tidak cacat ) dan pembagian antara input masing-masing power dapat sama rata.
Audio distributor adalah rangkaian yang mampu menditribusikan sinyal audio stereo (2 kanal), menjadi 6 kanal stereo, untuk distribusikan ke 6 buah power amplifier stereo secara full stereo, full power, dan rangkaian ini mempunyai keistimewaan;
a)Menjaga bidang dinamika audionya tetap tinggi
b)Dapat mempertahankan desah agar tetap rendah
c)Dapat meningkatkan kemampunan power audio anda dari gangguan sinyal audio liar, agar gelombang radio tidak masuk ke power anda.
d)Dapat menjadikan reproduksi musik yang gesit
e)Dapat memantapkan power audio
f)Mampu mengubah reproduksi musik yang loyo, kusam menjadi lebih gesit,dan mantap.

E.LANGKAH KERJA

1.Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
2.Menghubungkan input rangkaian dengan AFG dan mengatur Amplitudo minimum dan frequensi 1KHz.
3.Menghubungkan output rangkaian dengan CRO.
4.Menghubungkan rangkaian ke sumber tegangan dan mengamati besar tegangan output dari masing – masing channel output rangkaian.
5.Menghitung besar penguatan dari rangkaian.
6.Membuat kesimpulan.

G.ANALLISA DATA
Dari data tebal pengamatan dapat kita ketahui bahwa:
Pengutan pada penagmatan tersebuat adalah

Besar penguatan rangkaian =
Output 1 pada ferq 20 Hz adalah

AV = 1.7/1 =1.7 x

Output 2 pada ferq 20 Hz adalah

AV = 1.6/1 =1.6 x

H.KESIMPULAN
Dari hasil praktikum ini dapat didimpulkan bahwa:
1.Dengan audio distributor kita dapat mendistribusikan suatu sinyal input yang hanya mempunyai 2 buah output menjadi beberapa output yang nantinya akan digunakan untuk memberi inputan ke amplifier.
2.Audio distributor dapay menghasilkan sinyal output dengan keluaran tiap channel mempunyai penguatan yang sama, sehingga nantinya tidak terjadi perbedaan penguatan dari tiap – tiap masukan ke amplifier sehingga akan menghasilkan keluaran yang sama.
3.Audio distributor terdiri dari rangkaian mixer sederhana lalu diumpankan ke Op-Amp sebagai pengatur penguatan masing – masing output.
4.Penguatan yang dihasilkan dari audio distributor ini bervariasi. Mulai dari 1,4 kali sampai 1,8 kali. Pada frekuensi tinggi, penguatan cenderung menurun

0 komentar:

Posting Komentar