Minggu, 03 Januari 2010

Konsep dan Teori Kebudayaan serta Komponen kebudayaan

Kebudayaan adalah merupakan keeluruhan kegiaatan manusia yang diperolah denngan belajar yeng berupa system gagasan , tindakan dan hasil karya atau hasil cipta ,rasa dan karsa manusia .kebudayaan diperguanak ,dihasilkan deketahui dan dipercayai sebagi kegiatan masyarakat dan dijadikan miliki diri masyarakat tersebut.
Komponen kebudayaan : yaitu..:
Kebudayaan material , yaitu berisi hasil-hasl dari pengetahuan sdehana sampai yang kompleks.
Kebudayaan non-material, yaitu keseluruhan dari pengetahuan,kepercayaan nilai-nilai dan norma tinggkah laku tentang bagaimana manusia beriteraksui dan bagimana meraka memecahkan masalah.
Kebudayaan normative, yaitu yang terdiari dari aturan-aturan untuk melakuakan sesuatau .norma merupakan elemanet sentral/pusat dari kebudayaan normative. Norma adalah hal yang merupakan perlkau yang bersama untuk dipakai sebagai batasn dari tinggkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat yang bersangkutan.
Kebudayaan kognitif (filsafat) yaitu berupa pemikiran2 dari suatu kebudayaan .berisi baggian2 datri kebudayaan dan pengetahuan tentang duania ini mana nyata dan tidak nyata ,serta mana yang penting dan tidak penating.

0 komentar:

Posting Komentar