Kamis, 12 November 2009

Konsep Manajemen

Manajemen adalah suatu proses untuk menetapkan dan mencapai tujuan melalui pemanfaatan lima fungsi dasar dengan mengguna-kan manusia (human), finansial, bahan (material) dan sumber informasi.
   Level Manajemen
   Level Manajemen
   Top manajemen terdiri dari manajer utama dari suatu organisasi-chief executive officer atau presiden direktur-serta satu tingkat di bawahnya (subordinat) yang biasanya disebut vice presiden/wakil direktur. Top manajemen bertanggung jawab terhadap keseluruham manajemen dari suatu organisasi. Bertugas objective dari suatu organisasi, goal (tujuan), dan kebijaksanaan operasional.
    Level Manajemen
   Middle manajemen meliputi seluruh manajer yang tingkatannya di bawah vice-president tetapi di atas tingkatan supervisor. Manajer tingkatan ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan objective dan kebijaksanaan yang telah dibuat oleh top manajemen. Beberapa perusahaan memiliki dua atau tiga tingkatan middle manajer. Manajer pabrik dan sales manajer adaloah contoh dari middle manajemen.
    Level Manajemen
    First Line Manajemen, atau supervisor, adalah manajer pada tingkatan operasional, level terendah dari suatu manajemen. Memiliki tanggungjawab untuk me-manage group tempat mereka berada dan untuk mencapai tingkat kerja yang diinginkan suatu organisasi. Bawahan yang dimiliki manajer ini adalah karyawan bagian operasional.


 Fungsi-fungsi Manajemen:
Planning,
Organizing,
Staffing,
Directing/Actuating/
Delegating/Leading,
Controlling.

 Planning
   Planning adalah fungsi manajemen yang utama karena mendasari seluruh fungsi manajemen dan merupakan langkah pertama yang diambil ketika akan melakukan fungsi lainnya.
 Planning adalah fungsi manajemen yang berusaha untuk mengidentifikasi goal (tujuan) dan jalan alternatif untuk mencapainya.
Fungsi ini memetakan tindakan yang akan mengikat individu, departemen, dan keseluruhan organisasi dari hari, bulan, serta tahun yang akan datang
 Planning
Beberapa tindakan dari perencanaan dapat berupa :
 Menentukan bagaimana karyawan dan sumber daya lainnya disusun (organizing)
  Mendapatkan karyawan yang dibutuhkan serta melatih mereka untuk mengerjakan tugas yang telah ditentukan (staffing)
  Mengembangkan dasar untuk lingkungan organisasi dimana kerja akan dicapai (directing)
  Menentukan standar untuk mengukur kemajuan yang telah dicapai menuju objective, dimana kemajuan tersebut akan diukur apakah sesuai dengan keinginan (controlling)
  Planning
  Merupakan proses dasar untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya.
Empat langkah Dasar dalam Perencanaan:
  Menetapkan tujuan atau seperangkat tujuan
    Mendefinisikan situasi
   Mengidentifikasi hal-hal yang membantu dan menghambat tujuan, baik internal maupun eksternal.
    Mengembangkan rencana atau perangkat tindakan untuk mencapai tujuan.
Planning
Jenis dari rencana yaitu:
   Rencana strategis, yang dirancang untuk mencapai tujuan yang luas dari lembaga yaitu untuk melak-sanakan tugas yang khas bagi eksistensi perusahaan.
  Rencana Taktis, dirancang untuk pelaksanaan kegiatan jangka pendek dan menengah.
    Planning
    Rencana operasional, yang memberikan rincian tentang bagaimana rencana strategis akan dilaksanakan.
Rencana tetap (standing plans) merupakan pendekatan yang telah dibakukan untuk menangani situasi yang berulang kali terjadi dan yang dapat dengan mudah diantisipasi.
Rencana sekali pakai (single-use plans), dikembangkan untuk mencapai tujuan khusus dan dibubarkan bila rencana telah diselesaikan
    Jenis-jenis utama Rencana Tetap
    Kebijakan (Policy), merupakan garis pedoman untuk pengambilan keputusan. Kebijakan dibuat para manajer dengan alasan untuk mening-katkan keefektifan, mencerminkan nilai-nilai pribadi, dan menghilangkan pertentangan atau kekacauan yang ada pada tingkat lebih rendah dalam organisasi atau perusahaan.
    Jenis-jenis utama Rencana Tetap
     Prosedur Standar (Standard Procedures), merupakan seperang-kat petunjuk terinci untuk melak-sanakan urutan tindakan yang sering atau biasa terjadi.
   Peraturan (Rules), adalah pernyataan bahwa suatu tindakan harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu.
 Planning

0 komentar:

Posting Komentar