Kamis, 12 November 2009

menajemat Organisai II

Hadi Satyagraha,
Definisi manajemen sebagaimana dicatat Encyclopedia Americana berbunyi :
" the art of coordinating the elements of factors of production towards the achievement of the purposes of an organization ".
Pencapaian sasaran organisasi terjadi melalui penggunaan manusia (men), bahan produksi (materials), dan mesin (machines).
Manajemen(4)
Manajemen adalah suatu proses untuk menetapkan dan mencapai tujuan melalui pemanfaatan lima fungsi dasar dengan menggunakan manusia (human), finansial, bahan (material) dan sumber informasi.
Manajemen(5)
Suatu organisasi adalah kumpulan (group) dari dua atau lebih orang yang ada dan beroperasi untuk mencapai suatu objectives. Objectives adalah tujuan (goal)-target yang dituju/hasil yang akan dicapai melalui perencanaan dan tindakan.
Pendidikan
setiap proses di mana seseorang memperoleh pengetahuan (knowledge acqui-sition), mengembangkan kemampuan/keterampilan (skills developments) sikap atau mengubah sikap (attitute change).
suatu proses transformasi anak didik agar mencapai hal-hal tertentu sebagai akibat proses pendidikan yang diikutinya.
Manajemen Pendidikan
Aktivitas memadu sumber-sumber pendidikan yang telah ditentukan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan.
Pendidikan
Suatu sistem pendidikan bukan hanya terdiri dari lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi), tetapi juga meliputi perpustakaan, musium, penerbit, dan berbagai agen yang melakukan transmisi pengetahuan dan keterampilan.
Isu Manajer Pendidikan
Dunia pendidikan kita masih kurang memiliki manajer-manajer pendidikan yang handal. Manajemen pendidikan yang baik harus dikelola oleh para manajer sebagaimana laiknya organisasi bisnis.
Isu Manajer Pendidikan
Promosi seorang guru yang baik menjadi manajer pendidikan (kepala sekolah) tanpa melewati persiapan memadai seperti pelatihan dan penyiapan mind set baru. Tidaklah heran, banyak guru baik yang lalu menjadi kepala sekolah (manajer pendidikan) mediocare sesuai prinsip Peter (Peter Principle). Prinsip Peter menyatakan bahwa seorang dipromosikan mencapai tingkatan inkompetensinya.
Isu Manajer Pendidikan
Tidak banyak penyelenggara pendidikan (yayasan) yang sadar akan hal ini dan mengirimkan para manajer pendidikan mereka untuk belajar manajemen pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar