Kamis, 12 November 2009

Manajemen Pada Aspek Teknik

Manajemen
Pada Aspek Teknik
Management By Technique
Manajemen
Pada Aspek Teknik
Usaha para manajer menangani teknik-teknik yang ada dalam organisasi, agar dapat digunakan seoptimal mungkin dalam pencapaian tujuan organisasi.
Teknik; Suatu cara untuk mengoptimalkan keputusan-keputusan.
Pengambilan Keputusan Manajer
Sarana pendidikan
Keuangan
Kurikulum
Hubungan dengan lingkungan
Personalia
Tujuan menyukseskan cita-cita pendidikan
Teknik Manajer
Bagi Manajer
Tidak langsung berhubungan dengan pekerjaan di lapangan, merupakan hasil-hasil pemikiran yang berupa strategi, taktik, pendekatan, model-model penyelesaian, dan kebijakan yang semuanya diputuskan sebelum dlaksanakan.
Teknik Petugas
Bagi Petugas
Cara mengoperasikan aktivitas atau cara melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya yang secara langsung dilaksanakan di lapangan.

Teknologi Instruksional(1)
Suatu cara yang sistematis dalam merencana, melaksanakan, dan menilai proses belajar mengajar yang dikaitkan dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Suatu proses yang kompleks dan terpadu, yang mencakup manusia, prosedur, ide, alat, dan organisasi yang digunakan untuk menganalisis masalah, merencanakan, melaksanakan, dan menilai segala aspek belajar.
Teknologi Instruksional (2)
Media pendidikan yang digunakan dalam pembelajaran, baik yang berupa televisi, radio, film, transparansi, komputer, dan sebagainya.
Robbins:1982; segala sesuatu yang digunakan untuk mengubah input menjadi output.
Kesimpulan pengertian teknik dalam pendidikan
Teknik adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mengubah input menjadi output yang didahului oleh keputusan-keputusan optimal tentang pengaturan lingkungan, materi pembelajaran yang diberikan, proses belajar mengajar, media pendidikan, dan penilaian.
Proses Kegiatan Pendidikan
Input; para siswa/mahasiswa
Proses; aktivitas yang dilaksanakan untuk mengubah input menjadi output
Output; mereka yang menamatkan pendidikan tertentu
Macam-macam Kegiatan dan Teknik Pendidikan dalam Memproses siswa/mahasiswa
Kegiatan-kegiatan dan teknik yang langsung berhubungan dengan memproses para siswa/mahasiswa
Kegiatan-kegiatan dan teknik-teknik penunjang kegiatan belajar para siswa/mahasiswa
SISTEM MANAJEMEN SEKOLAH
Kegiatan-kegiatan dan teknik yang langsung berhubungan dengan memproses para siswa/mahasiswa
Bimbingan karier dan pembinaan bakat
Pengembangan afeksi
Pengembangan kognisi
Pengembangan skill dan kesehatan
Pengembangan insan pembangunan yang cinta tanah air dan bangsa
Bimbingan konseling memperlancar proses belajar
Kegiatan penelitian
Kegiatan pengabdian pada masyarakat
Bimbingan Karier
Memahami diri secara lebih tepat tentang keadaan, kemampuan, dan bakat sendiri.
Menyadari nilai-nilai yang ada pada diri dan yang terdapat dalam masyarakat untuk dibandingkan dan dipilih yang baik.
Mengenal berbagai jenis pekerjaan serta jenis-jenis pendidikan yang diperlukan, sehingga dapat menghubungkan bakat, kemampuan, dan nilai-nilai yang ada pada diri dengan pekerjaan yang cocok.
Menyiapkan diri secara matang untuk memasuki dunia kerja dan profesi.
Menyadari akan macam-macam kebutuhan tenaga kerja dan profesi.
Merencanakan masa depan sehingga dapat menemukan karier/profesi dan kehidupan yang layak serta melaksanakan pekerjaan dengan semangat dan gembira (Dep.P dan K 1984:2)
Pengembangan afeksi
Memperbaiki proses belajar mengajar, dengan teknik yang dapat menyentuh hati nurani para siswa/mahasiswa.
Diantara teknik yang digunakan adalah berlajar dengan berbuat, lewat pengala-man, magang, aktif sendiri, metode ketrampilan proses, metode memancing ikan, belajar melalui laboratorium, peneliti-an den eksperimen.
Pengembangan secara optimal perasaan, penghargaan, kecintaan, kemauan, dan komitmen.
Pengembangan kognisi dan skill
Mempertajam pikiran dan menambah ilmu serta pengetahuan yang tidak terlepas dari pengembangan afeksi dan skill.
Pengembangan skill meningkatkan kemampuan motorik
Bimbingan konseling memperlancar proses belajar
Tujuan: memperlancar proses belajar para siswa/mahasiswa.
Usaha yang dilakukan bersifat preventif dan kuratif.
Preventif; mengatur lingkungan belajar yang menyenangkan, mengusahakan pergaulan yang sehat, melayani kebutuhan para siswa/mhs secara tertib dan adil, dll.
Kuratif; usaha memperbaiki keadaan para siswa/mhs baik individu maupun kelompok.
Kegiatan penelitian & pengabdian pada masyarakat
Kebanyakan dilakukan di PT yang memiliki Tri Dharma PT yaitu: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Manajer sebagai pembina teknik(1)
Manajer; menentukan strategi, pendekatan, kebijakan, menciptakan dan mempertahankan moral kerja, kondisi kerja, dan pembinaan.
Manajer tidak selalu lebih ahli dari pada petugas lapangan, tidak menentukan jenis teknik tertentu.
Bawahan sebagai pelengkap, pembanding, dan penyempurna
Manajer sebagai pembina teknik(2)
Manajer tertinggi; menekankan kegiatannya pada penentuan strategi, pendekatan, dan kebijakan.
Manajer madya; berpartisifasi dalam kegiatan manajer tertinggi, penekanan kegiatan pada penciptaan dan pertahanan moral kerja dan kondisi kerja.
Manajer terdepan; membina para petugas dalam melaksanakan teknik-teknik tertentu dan bertindak sebagai supervisor.
Teknik-teknik Penunjang
Kegiatan Belajar
Menciptakan masyarakat belajar di sekolah
Menciptakan masyarakat ilmiah di PT
Mengadakan dan mengatur sumber belajar
Meningkatkan partisipasi alumni dan masyarakat
Meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga sejenis
Ketatausahaan yang tepat waktu dan konsisten

0 komentar:

Posting Komentar